1.1.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 1.1 - Penugasan Kelompok
1.1.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 1.1 - Penugasan Kelompok
Durasi : 3 JP (135 menit)
Moda: Penugasan Kelompok
Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)
Ruang Kolaborasi memberikan ruang perjumpaan bagi Anda untuk berkolaborasi sesama CGP dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat untuk menebalkan laku murid dan menuntun kekuatan kodrat murid yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal (budaya) daerah asal Anda. Hasil kolaborasi dalam menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya menjadi dasar pengetahuan dan pengalaman baru dalam merefleksikan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam mewujudkan pembelajaran yang berpihak pada murid.
Anda bekerja dalam kelompok yang terdiri dari 5 orang untuk mengeksplorasi nilai-nilai luhur sosial budaya di daerah asal Anda dalam upaya menebalkan konteks diri (kekuatan kodrat) murid sebagai manusia dan anggota masyarakat. Indonesia memiliki keberagaman sosial budaya yang dapat menjadi kekuatan.
- Anda membentuk sesuai dengan jumlah CGP yang diampu oleh Fasilitator.
- Masing-masing kelompok ditugaskan untuk mendiskusikan
- Apa kekuatan konteks sosio-kultural di daerah Anda yang sejalan dengan pemikiran KHD?
- Bagaimana pemikiran KHD dapat dikontekstualkan sesuaikan dengan nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat pada konteks lokal sosial budaya di daerah Anda?
- Sepakati satu kekuatan pemikiran KHD yang menebalkan laku murid di kelas atau sekolah Anda sesuai dengan konteks lokal sosial budaya di daerah Anda yang dapat diterapkan
Link Ruang Kolaborasi 1 Modul 1.1
Rabu, 20 Maret 2024
Pukul 13.00-15.15
Mainroom: https://meet.google.com/ugv-vemu-dbe
BOR 1: https://meet.google.com/eri-nukf-vyt
BOR 2: https://meet.google.com/fwp-fxvg-zqh
Silahkan klik tombol Enter the room untuk mengikuti tatap muka virtual.
0 comments:
Posting Komentar