Forum Komunikasi Modul 1.2
Forum Komunikasi Modul 1.2
Forum komunikasi ini disediakan sebagai sarana komunikasi antara fasilitator dan peserta selama mempelajari Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak
Selamat berdiskusi!
Forum Komunikasi Modul 1.2
Assalamualaikum wr.wb
Salam dan Bahagia Bpk/Ibu CGP
Alhamdulillah kita sudah sampai di modul 1.2 tentang Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak,di modul 1.2 ini semoga kita dapat menerapkan nilai dan peran Guru Penggerak baik pada peserta didik kita dan teman sejawat.
Wassalamualaikum wr.wb
Nilai dan Peran Guru Penggerak
Assalamualaikum wr.wb
Salam dan bahagia,
Pada modul ini sangat menarik menggali pemapaparan nilai-nilai dan peran seorang guru penggerak yang mampu menumbuhkan sekolah dan ekosistem pendidikan agar berpihak pada murid.
Wassalamualaikum wr.wb
Nilai dan Peran Guru Penggerak
Assalamu'alaikum,wr.wb.
Salam Bahagia Bapak/Ibu Guru Penggerak..
Salah satu dari nilai-nilai Guru Pengerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah nilai "berpihak pada murid". Untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid, merancang pembelajaran yang menjadikan murid sebagai subjeknya, menggunakan metode pembelajaran yang membuat murid aktif, senang dan merangsang kreatifitas.
Wa'alaikumsalam Wr Wb
Nilai dan Peran Guru Penggerak
Assalamu'alaikum,wr.wb
Alhamdulillah memasuki modul 1.2
Guru penggerak harus mampu menumbuhkan sekolah dan ekosistem pendidikan agar berpihak pada murid dengan menumbuhkan nilai-nilai pada profil pelajar Pancasila sebagai tolak ukur kompetensi kelulusan. Harapannya setelah mempelajari modul ini :
1. Menjelajahi nilai nilai diri guru terkait penumbuhan dan pelestarian budaya positif
2. Menelusuri diri sebagai manusia dan pendidik
3. Mengakui sebagai pribadi yang unik
4. Munculnya proses pikiran dan emosi satu kesatuan aspek intrinsik dan ekstrinsik dalam konteks lingkungan pembelajaran
5. Mengeksplorasi dan berkolaborasi dalam merencanakan perubahan nyata di lingkungan saya
6. Menemukan jati diri sebagai guru penggerak
Wassalamu'alaikum wr.wb
Rofika Dwi Susanti dalam Forum Komunikasi Nilai dan Peran Guru Penggerak
Assalamualaikum wr.wb.
Salam Bahagia Bapak/Ibu Guru Penggerak
Di era digital dan teknologi yang semakin canggih sekarang ini, pastilah ada pengaruh positif dan negatif yang membersamainya. Sehingga perlu adanya filter budaya yang masuk.
Sebagai seorang guru pentingmemiliki teladan yang baik agar dapat mengajarkan nilai-nilai positif sesuai dengan budaya. Salah satunya yaitu menjadi guru penggerak, yang diharapkan mampu menggerakkan ekosistem pendidikan yang baik dan sehat akan melahirkan peserta didik yang berkarakter kuat serta dapat menjawab tantangan zaman.
Peserta didik yang didik dengan sepenuh jiwa raga di tuntun untuk menjadi peserta didik yang tangguh dalam menjawab tantangan masa depannya. Dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga peserta didik akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang merdeka yang berkarakter Pancasila.
Nilai dan peran guru penggerak
assalamu'alaikum
Guru Penggerak diharapkan mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan, untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan perubahan apa yang diinginkan.
membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi (keterampilan yang memungkinkan seseorang bekerja sama dengan orang lain) antara guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah
Nilai - Nilai dan Peran Guru Penggerak
Assalamu'alaikum Wr Wb.
Saatnya pembelajaran Modul 1.2 mari kita sambut dengan bahagia ...
Berkaitan dengan Peran GP, bagaimana cara terbaik yang dapat kita lakukan untuk dapat mendorong kolaborasi dengan rekan sejawat (menggerakan guru lain) agar dapat menerapkan pembelajaran yang berpihak pada murid agar tidak terkesan menggurui?
Wa'alaikumsalam Wr Wb.
Nilai dan Peran Guru Penggerak Selamat berdiskusi!
Assalamualaikum.....
Nilai dan peran Guru Penggerak Mandiri diantaranya Reflektif, Kolaboratif, berpihak pada peserta didik
Dari beberapa nilai guru penggerak tersebut nilai apakah yang harus sy dikuatkan terlebih dahulu agar bisa mendukung tumbuhnya nilai-nilai yang lainnya?
Re: Nilai dan Peran Guru Penggerak Selamat berdiskusi!
Izin menanggapi Pak Kuntoro, menurut saya seorang Guru Penggerak pertama harus mengembangkan nilai mandiri. Guru Penggerak diharapkan mampu mendorong dirinya sendiri untuk melakukan perubahan, untuk memulai sesuatu, untuk mengerjakan sesuatu terkait dengan perubahan apa yang diinginkan. termotivasi untuk mengembangkan dirinya tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah ataupun dinas. Guru Penggerak mendorong dirinya untuk meningkatkan kapabilitas dirinya tanpa perlu dorongan dari pihak lain.
Re: Nilai dan Peran Guru Penggerak Selamat berdiskusi!
Bukan nilai mana yang harus didahulukan atau dengan kata lain dipentingkan, tetapi seluruh nilai guru penggerak itu harus berjalan simultan dan sporadis. Akan dikatakan sebagai guru penggerak sejati jika telah memiliki semua nilai yang terbuhul jadi satu dalam dirinya. Kita bukan mesin yang bisa bergeraak parsial melainkan makhluk berbentuk manusia yang harus bertindak total. Satu diantaranya tidak dijalankan dengan baik maka cacatlah sebutan itu.
Untuk dapat menjadi seorang Reflective Teacher misalnya, guru memerlukan Komunitas Belajar Profesional (Professional Learning Community). PLC merupakan kelompok pendidik yang berkomitmen untuk bekerja secara kolaboratif dalam siklus penyelidikan kolektif dan penelitian tindakan yang berulang secara berkelanjutan untuk mencapai hasil yang lebih baik bagi siswa yang mereka layani.
Mudah-mudahan tulisan yang amat singkat dari saya ini bisa membantu meyakinkan diri membangun keyakinan agar menjadi manusia yang utuh menyeluruh.
Salam dari Fasil A10.002. BBGP JATENG
MUTAKIN
Re: Nilai dan Peran Guru Penggerak Selamat berdiskusi!
Tetapi jika ditanyakan mana yang harus didahulukan antara kepentingan guru dan murid maka seorang guru harus mengutamakan perkembangan peserta didik sebagai acuan utama. Guru harus mampu menghadirkan pembelajaran sesuai kebutuhan peserta didik yang dimplementasikan dalam kelas yakni guru harus mampu menghadirkan pembelajaran dimana peserta didik membangun sendiri pengetahuanya. Guru harus mampu mewujudkan profil pelajar Pancasila bagi peserta didiknya. Pelajar yang memiliki profil ini adalah peserta didik yang terbangun utuh keenam dimensi pembentuknya.
Kita akan perdalam pada modul selanjutnya. Semakin asyik berselancar di LMS kita.
0 comments:
Posting Komentar