Selasa, 26 Maret 2024

Modul Paket 1a

 

Modul Paket 1

Paket Modul 1

1.a. Tes Awal Paket Modul 1 |Download|

1.b. Etika Akademik Pemimpin Pembelajaran

Bapak/ibu Guru Hebat, berikut adalah video panduan mengutip karya atau sumber media lain. Melalui panduan ini diharapkan Bapak/Ibu dapat membiasakan menghargai karya dan hak atas kekayaan intelektual orang lain.
Silahkan menyimak dan mengimplementasikannya selama mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak.
https://youtu.be/nJSk2GX8Gj0


Modul 1.1.

Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional
Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional

1.1.A. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hadjar Dewantara

1.1.a.2. Pendahuluan - Modul 1.1 

Pengantar 

Alur Belajar MERDEKA

Mulai dari Diri

Kegiatan pembelajaran pemantik:
  1. CGP memberikan jawaban reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara,
  2. CGP membuat refleksi diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara.

Eksplorasi Konsep

Mandiri
  1. CGP menyimak video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan;
  2. CGP menyimak video-video tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara;
  3. CGP membaca 2 (dua) tulisan karya Ki Hadjar Dewantara.
Forum Diskusi
  1. CGP mendiskusikan pertanyaan reflektif terkait pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan Indonesia saat ini dan pendidikan pada konteks lokal sosial budaya di daerah asal CGP yang difasilitasi oleh Fasilitator
  2. CGP berbagi pengalaman praktik baik penerapan pemikiran filosofis Pendidikan KHD pada konteks lokal sosial budaya di daerahnya.

Ruang Kolaborasi

CGP mengeksplorasi (memaknai dan menghayati) nilai-nilai luhur sosial budaya di daerah asal dalam menguatkan dan menebalkan Konteks (kodrat) Diri Murid sebagai manusia dan anggota masyarakat.

Demonstrasi Kontekstual

CGP mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (kar2ya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).

Elaborasi Pemahaman

CGP mendapatkan penguatan pemahaman tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dari Instruktur.

Koneksi Antar Materi

CGP membuat kesimpulan dalam bentuk esai atau jurnal reflektif tentang ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ dengan merefleksikan seluruh rangkaian materi yang sudah dipelajari dari pemikiran-pemikiran KHD dan praktik baik yang telah dilakukan di sekolah-sekolah saat ‘Elaborasi Pemahaman’.

Aksi Nyata

CGP mengimplementasikan strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD yang telah dibuat pada ‘Demonstrasi Kontekstual’ secara konkret sebagai perwujudan 'Kepemimpinan Pembelajaran' yang Berpihak pada Murid' dan direfleksikan kembali dalam Jurnal Refleksi Pribadi.

Daftar Hadir CGP - Modul 1.1
Isilah Daftar Hadir untuk setiap aktivitas berikut:
  1. Eksplorasi Konsep - vicon
  2. Ruang Kolaborasi - vicon sesi 1
  3. Ruang Kolaborasi - vicon sesi 2
  4. Elaborasi Pemahaman - vicon
Sesuai rentang waktu sesuai penjadwalan yang telah ditentukan.

Forum Komunikasi Modul 1.1
Forum komunikasi ini disediakan sebagai sarana komunikasi antara fasilitator dan peserta selama mempelajari Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara.

1.1.a.3. Mulai dari Diri - Modul 1.1

Durasi : 1 JP (45 menit)
Moda : Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus:  
Peserta mampu membuat refleksi diri tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)...
Kegiatan ini merupakan kegiatan pembuka dari seluruh rangkaian materi belajar di Program Pendidikan Guru Penggerak. Pada kegiatan ini, Anda akan melakukan sebuah refleksi diri sejauh mana Anda mengenal dan memahami Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD). Sejauh ini Anda sudah sering mendengar kata kata seperti budi pekerti, ing ngarso sung tulodo, ing madya mangun karso, tut wuri handayani yang menjadi jiwa dari pendidikan nasional. Oleh sebab itu, pada tahap awal ini, Anda akan berdialog dengan diri Anda sendiri untuk menemukan pemikiran mendasar Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan peran Anda sebagai pendidik’.

Sebagai pemantik proses refleksi tersebut, mari kita ingat-ingat kembali pengalaman ketika kita bersekolah. Jawaban pertanyaan berikut tidak perlu ditulis namun tetap perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh. 

  1. Pengalaman apa yang membuat Anda menjadi rindu bersekolah, atau, pengalaman apa yang membuat Anda kehilangan motivasi untuk bersekolah? (pilih salah satu)
  2. Peristiwa apa yang membuat Anda merasa berkembang dan belajar sebagai seorang pembelajar?
  3. Siapa sosok guru yang menginspirasi Anda? 
  4. Apa pengalaman yang berkesan bersama guru tersebut? 
  5. Pernahkah Anda menduplikasi atau mengadaptasi yang dilakukan oleh guru tersebut di kelas yang Anda ampu?
Selanjutnya, Anda diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang tersedia di bawah terkait pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD).

1. Tulisan Reflektif Kritis 
Buatlah sebuah tulisan reflektif kritis dengan jumlah minimum 300 kata dan maksimum 500 kata dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan yang telah disediakan. Pertanyaan panduan tulisan reflektif kritis Anda terkait konsep pemikiran Pendidikan KHD:
  • Apa yang ada Anda ketahui tentang pemikiran Ki Hajar Dewantara (KHD) mengenai pendidikan dan pengajaran?
  • Apa relevansi pemikiran KHD dengan konteks pendidikan Indonesia saat ini dan konteks pendidikan di sekolah Anda secara khusus?
  • Apakah Anda merasa sudah melaksanakan pemikiran KHD dan memiliki kemerdekaan dalam menjalankan aktivitas sebagai guru?
*) Maknai dan hayati pilihan Anda menjadi guru dalam menuliskan tulisan reflektif-kritis. Hindari perihal teknis seperti tidak tersedianya buku ajar bagi murid, masih berstatus guru honorer dsb-nya. Fokus pada pilihan Anda menjadi guru.

2. Harapan dan Ekspektasi 
Ungkapkan Harapan dan Ekspektasi Anda terkait dengan pembelajaran pada modul ini.
  • Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada diri Anda sebagai seorang pendidik setelah mempelajari modul ini?
  • Apa saja harapan yang ingin Anda lihat pada murid-murid Anda setelah mempelajari modul ini?
  • Apa saja kegiatan, materi, manfaat yang Anda harapkan ada dalam modul ini?

1.1.a.4. Eksplorasi Konsep - Modul 1.1

1.1.a.4.1. Forum Diskusi Modul 1.1 di Ruang Diskusi Virtual

1.1.a.5. Ruang Kolaborasi - Modul 1.1 - Penugasan Kelompok

1.1.a.5.1. Ruang Kolaborasi - Modul 1.1 - Presentasi
1.1.a.5.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.1

1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1


1.1.a.7. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.1

1.1.a.7.1. Elaborasi Pemahaman - Modul 1.1

1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

1.1.a.9. Aksi Nyata - Penerapan Modul 1.1

1.1.a.10. Penutup Modul 1.1

1.1.a.11. Penilaian Kinerja Instruktur oleh CGP (Calon Guru Penggerak)

1.1.B. Komunikasi Fasilitator dan Pengajar Praktik Modul 1.1.
1.1.C. Penilaian Kinerja


Modul 1.2.


Modul 1.3.


Modul 1.4.


Related Posts:

0 comments:

Posting Komentar

Refleksi Filosofisi

Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD 1.1.A. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasion...