Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.1

1.1.a.5.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.1

1.1.a.5.2. Unggah Tugas Ruang Kolaborasi - Modul 1.1

Due: Monday, 25 March 2024, 11:59 PM
Done: Make a submission

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mampu menemukenali nilai-nilai luhur kearifan budaya daerah asal yang relevan menjadi penguatan karakter murid sebagai individu sekaligus sebagai anggota masyarakat.

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Ruang Kolaborasi memberikan ruang perjumpaan bagi Anda untuk bekerja sama dalam mendiskusikan pemikiran KHD yang dapat diimplementasikan pada konteks lokal sosial budaya daerah asal Anda. Hasil diskusi dituangkan dalam bentuk bahan presentasi (Ms. Powerpoint, peta konsep, infografis, dan lain sebagainya).

Bahan presentasi yang telah dibuat dan dipresentasikan, silakan Bapak/Ibu kirimkan sesuai dengan petunjuk pengiriman dibawah.


Petunjuk pengiriman tugas:

  • Simpan tugas Bapak/Ibu dalam format:
    • Jika tugas dalam bentuk presentasi/dokumen/image silakan simpan dalam format pdf atau, 
    • Jika tugas dalam bentuk video silakan simpan di akun youtube Bapak/Ibu dengan setting unlisted
  • Pengiriman:
  1. Klik tombol 
  2. Jika tugas dalam bentuk audio/video salin alamat youtube/google drive tugas pada kolom Online text 
  3. Jika tugas dalam format pdf, klik tombol  atau   yang ada pada kolom File submissions
  4. Setelah muncul kolom File Picker, pilih menu  kemudian 
  5. Klik tombol  kemudian pilih file yang akan diunggah
  6. Klik tombol  untuk mengirimkan file
  7. Setelah file yang dipilih tadi muncul di kolom File submissions, klik tombol 

Submission status

Attempt numberThis is attempt 1.
Submission statusSubmitted for grading
Grading statusGraded
Time remainingAssignment was submitted 15 hours 9 mins early
Grading criteria
Isi - 1._Mengemukakan kaitan antara konteks lokal sosial budaya dan pemikiran KHD dengan tepat. 2._Menyampaikan alasan yang kontekstual mengenai penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD. 3._Menyampaikan tantangan dan solusi penerapan pemikiran KHD sesuai dengan konteks kelas dan sekolahh. 4._Memberikan contoh konkret dari pemikiran KHD yang akan diterapkan sesuai dengan konteks kelas dan sekolah
ISI yang disampaikan memenuhi 1 dari 4 kriteria
ISI yang disampaikan memenuhi 2 dari 4 kriteria
ISI yang disampaikan memenuhi 3 dari 4 kriteria
ISI yang disampaikan memenuhi 4 dari 4 kriteria
Penyampaian Materi - 1._Menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang tepat (SPOK). 2._Menyampaikan pesan secara terstruktur dan sistematis (alur materi mudah dipahami). 3._Menggunakan pendukung visual dalam presentasi sebagai penguat rencana penerapan di kelas dan sekolah. 4._Mendemonstrasikan diri CGP secara lugas dan kontekstual.
Penyampaian materi memenuhi 1 dari 4 kriteria
Penyampaian materi memenuhi 2 dari 4 kriteria
Penyampaian materi memenuhi 3 dari 4 kriteria
Penyampaian materi memenuhi 4 dari 4 kriteria
Ketepatan waktu pengumpulan tugas
lebih dari H+4 setelah due date
H+3 s.d. H+4 setelah due date
H+1 s.d. H+2 setelah due date
Dikumpulkan sebelum/saat due date
Last modifiedMonday, 25 March 2024, 8:49 AM
Online text
(80 words)

Pelaksanaan tradisi Nyadran ditujukan untuk mendoakan leluhur yang sudah meninggalkan dunia dan untuk mengingatkan diri bahwa semua ...

File submissions
Submission comments
Comments (2)
  • MUTAKIN Wed, 27 Mar 2024, 2:35 PM
    Yth Pak Kuntoro, Pak Wakhdiyono dan Pak Roza CGP Banjarnegara Hebat Kelompok 2 Kelas 10.002

    Senang sekali saya menikmati paparan kelompok 2 ini. Terima kasih kelompok ini telah menyelesaikan tugas tepat pada waktunya dengan hasil yang bagus. Hasil karya hebat ini tidak mungkin dapat terealisir tanpa kolaborasi yang bagus dan kompetensi yang mumpuni. Kerjasama yang kompak ini harus kita kembangkan dan kuatkan terus agar mampu menuntun anak-anak kita secara maksimal.

    Saya mohon izin untuk melakukan pencermatan atas bahan tayang tersebut dari 3 aspek kajian. Pertama dari sisi isi. Kelompok telah mengemukakan kaitan antara konteks lokal sosial budaya dan pemikiran KHD dengan tepat. Namun ruh KHD belum terpancar kuat, Ruh yang saya maksudkan adalah kemerdekaan, komunikasi dan keberagaman budaya. Kelompok secara sekilas telah menyampaikan alasan yang kontekstual mengenai penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD tetapi belum secara tegas dalam sebuah point of view sendiri yang tajam dan menghunjam. hasil pencermatan saya, alasan hanya terpapar sedikit pada latarbelakang saja.

    Dalam menyampaikan tantangan dan solusi penerapan pemikiran KHD sudah sesuai dengan konteks kelas dan sekolah. Urutan kegiatan sudah rinci dan menukik pada aspek implementasi di sekolah. Untuk memberikan contoh konkret dari pemikiran KHD yang akan diterapkan sesuai dengan konteks kelas dan sekolah sesungguhnya bisa berupa cita-cita kelompok yang secara ideal untuk membangun rasa merdeka pada tiap diri anak, membangun kemampuan berkomunikasi dan menguatkan segala ragam budaya kita.

    Komponen kedua yakni penyampaian materi. Semua komponen baik dalam bahan tayang maupun saat dilisankan dalam ruang diskusi kelas telah menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang tepat (SPOK). Kelompok juga menyampaikan pesan secara terstruktur dan sistematis sehingga alur materi mudah dipahami. Hal yang membanggakan saya adalah kelompok telah menggunakan pendukung visual dalam presentasi sebagai penguat rencana penerapan di kelas dan sekolah dengan baik.

    Kalau boleh saya usul, untuk tugas-tugas kelompok ke depan divariasi bahan tayangnya dengan menggunakan canva atau boleh juga tanmpilan disertai dubbing suara bahkan dibuat video atau film pendek dan lain-lain juga boleh. Pada sisi hebat lainnya, kelompok telah mendemonstrasikan diri CGP secara lugas dan kontekstual. Pada sesi diskusi kelas sudah nampak keberanian berbicara dan berpendapat. Semua CGP bersifat inklusif, terbuka menerima saran dan usulan. Sampai pada tataran ini saya harus acungi jempol. Cepat sekali melakukan adaptasi suasana kelas. Itu yang aku mau.

    Terkait dengan pengumpulan tugas saya dapat menyimpulkan bahwa kelompok telah mengunggah hasil diskusi dalam bentuk bahan tayang tepat waktu pengumpulan tugas dan dikumpulkan sebelum due date. Tetap semangat dan semoga kesukses yang lebih besar dan besar akan selalu merngiring Ibu Bapak CGP hebat.

    Salam Kangen
    dari Fasil al Fakir
    MUTAKIN
    A10.002
  • KUNTORO TRIATMOKO - Wed, 27 Mar 2024, 2:39 PM
    Inggih Pak Mutakim, Terimaskasih atas masukannya.
You can still make changes to your submission

0 comments:

Posting Komentar

Refleksi Filosofisi

Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD 1.1.A. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasion...