Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

 1.2.a.6. Demonstrasi Konstektual - Modul 1.2

Due: Wednesday, 24 April 2024, 11:59 PM
Done: Make a submission

Durasi :  4 JP 
Moda : Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: CGP dapat menciptakan gambaran dirinya di masa depan, setelah mengikuti rangkaian program pendidikan Guru Penggerak

Tanpa terasa, Bapak/Ibu telah memasuki sesi pembelajaran Pembelajaran 4 Demonstrasi Kontekstual!

Sebagaimana judul unitnya, maka setelah merefleksikan pembelajaran sebelumnya, kini Bapak/Ibu diminta untuk berbagi dengan menyajikannya dalam bentuk sebuah karya.

Tugas: Membuat gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan

Bayangkan diri Bapak/Ibu sudah lulus program ini dan telah menjalani peran sebagai Guru Penggerak selama 3 tahun. Pada saat itu, tentunya Bapak/Ibu sudah memiliki kepercayaan diri dan telah membawakan kegiatan-kegiatan yang mewujudkan nilai dan peran sebagai Guru Penggerak. Buatlah kisah narasi tertulis/presentasi PowerPoint/poster/peta pikiran/video/audio sederhana yang dapat menggambarkan kira-kira apa saja aktivitas Bapak/Ibu sebagai Guru Penggerak baik dalam keseharian, atau yang terprogram rutin berkesinambungan, maupun yang sifatnya ad-hoc (khusus). Buatlah sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan nilai-nilai Guru Penggerak (berpihak pada murid, mandiri, reflektif, kolaboratif, inovatif) yang Bapak/Ibu telah dihidupi selama 3 tahun tersebut. 

Poin utama tugas kisah narasi ini adalah pada kedalaman penggambaran detail kegiatan yang mewujudkan tiap nilai Guru Penggerak. Jangan terjebak pada hiasan, sajian, dan tampilan saja. Terlampir di bawah adalah rubrik yang dapat membantu Bapak/Ibu dalam membuat kisah narasi tersebut, juga sebagai petunjuk untuk penilaian. 



Petunjuk pengiriman tugas:

  • Simpan tugas Bapak/Ibu dalam format:
    • Jika tugas dalam bentuk presentasi/dokumen/image silakan simpan dalam format pdf atau, 
    • Jika tugas dalam bentuk video silakan simpan di akun youtube Bapak/Ibu dengan setting unlisted
  • Pengiriman:
  1. Klik tombol 
  2. Jika tugas dalam bentuk audio/video salin alamat youtube/google drive tugas pada kolom Online text 
  3. Jika tugas dalam format pdf, klik tombol  atau   yang ada pada kolom File submissions
  4. Setelah muncul kolom File Picker, pilih menu  kemudian 
  5. Klik tombol  kemudian pilih file yang akan diunggah
  6. Klik tombol  untuk mengirimkan file
  7. Setelah file yang dipilih tadi muncul di kolom File submissions, klik tombol 

Submission status

Attempt numberThis is attempt 1.
Submission statusSubmitted for grading
Grading statusGraded
Time remainingAssignment was submitted 6 days 13 hours early
Grading criteria
Konten Kisah Narasi
Tidak mampu menjelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan yang digambarkan mewujudkan nilai Guru Penggerak.
Mampu menjelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan yang digambarkan mewujudkan paling banyak 1-2 nilai Guru Penggerak.
Mampu menjelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan yang digambarkan mewujudkan paling banyak 3-4 nilai Guru Penggerak.
Mampu menjelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan yang digambarkan mewujudkan 5 nilai Guru Penggerak.
Kesatuan penyajian
Semua unsur yang digunakan tidak saling mendukung.
Salah satu unsur yang ditampilkan merusak keterpaduan.
Salah satu unsur yang ditampilkan mengurangi kenyamanan saat dilihat.
Perpaduan unsur yang digunakan saling mendukung dan nyaman untuk dilihat.
Ketepatan waktu pengumpulan tugas
lebih dari H+4 setelah due date
H+3 s.d. H+4 setelah due date
H+1 s.d. H+2 setelah due date
Dikumpulkan sebelum/saat due date
Last modifiedThursday, 18 April 2024, 10:25 AM
File submissions
Submission comments
Comments (1)
  • MUTAKIN Fri, 26 Apr 2024, 8:59 PM
    Yth Pak Kuntoro Triatmoko

    Rasanya senang sekali saya mencermati bahan tayang yang bpk tampilkan. Keren dan sesuai dengan petunjuk yang diberikan. Bpk cerdas sekali. Bpk telah mampu menjelaskan bagaimana kegiatan-kegiatan yang digambarkan mewujudkan 5 nilai Guru Penggerak. Tayangannya sesungguhnya sudah rinci tetapi masih nampak teralalu panjang sehingga terasa capai membacanya. Sebaiknya bahan tayang kita tetap singkat padat dan berisi jika perlu dalam format skematik. Mungkin suatu saat bisa divariasi lagi dengan backing musiknya diperkecil tetapi ditambah dengan dubbing suara itu. Seiring bahan tayang jalan, selintas itu juga bapk telah menjelaskan apa yang sedang terjadi pada slide tertayang.

    Dalam urusannya dengan tampilan bahan tayang sudah terjadi perpaduan unsur yang sangat harmonik. Unsur-unsur yang digunakan saling mendukung dan nyaman untuk dilihat. Ini sangat membantu kami dalam menikmati paparan ibu. Saya yakin, penikmat lainnya juga sepemahaman dengan apa yang saya paparkan. Boleh juga wajah Fasil dan PP ditampilkan di awal-awal sebagai ta'aruf pada siapa saja yang menikmatinya, jadi bukan sekedar kenal namanya tetapi juga wajahnya dikenal.

    Yang sangat saya hargai dalam hal kedisiplinan ibu. Tengara yang ditunjukkan ke hadapan saya yakni dalam hal pengumpulan tugas. Tugas dikumpulkan sebelum due date tanggal 24 April 2024 sebagaimana yang diatur dalam LMS. Nilai-nilai positif ini mohon untuk diteruskan dan dikuatkan agar bisa dicontoh oleh peserta didik ibu di sekolah.

    Selamat Bertugas
    Salam bahagia, tergerak, bergerak dan menggerakkan
    dari Fasil al Fakir
    MUTAKIN
    Kelas A10.002.BBGP Jateng
You can still make changes to your submission.

0 comments:

Posting Komentar

Refleksi Filosofisi

Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD 1.1.A. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasion...