Mulai dari diri - Modul 1.2

1.2.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.2

Mulai dari diri - Modul 1.2
1.2.a.3. Mulai dari diri - Modul 1.2

Durasi : 1 JP
Moda : Pembelajaran Mandiri 


Tujuan Pembelajaran Khusus

  1. CGP dapat mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri, yang selama ini melekat dalam pribadinya.
  2. CGP dapat menjelaskan peran dirinya sebagai seorang Guru di dalam lingkungan sekolahnya masing-masing

Selamat datang Bapak/Ibu CGP di Pembelajaran pertama dalam Modul 1.2 ini!

Pada kesempatan ini, pembelajaran akan dimulai dengan membuat diagram trapesium usia dan menjawab beberapa pertanyaan mengenai diri Bapak/Ibu. Agar mendapatkan manfaat yang maksimal dari kegiatan ini, hal yang perlu diperhatikan ketika menjawab pertanyaan nanti adalah kejujuran Bapak/Ibu dalam memberikan jawaban. Tidak ada jawaban benar ataupun salah. Apa yang menjadi pertanyaan hanyalah upaya untuk membantu menggali pengalaman serta nilai diri Bapak/Ibu sendiri. Silakan jawab semua jangan sampai terlewat. Ambil waktu khusus agar dapat mengerjakannya dengan tenang. Selamat Mengerjakan!

Kegiatan 1. Trapesium usia 
(Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi Ifa Hanifah Misbach, M.A., Psikolog (Ketua Tim Pengembang Jabar Masagi) dan Alm. Prof. Dr. H. Sutardjo A. Wiramihardja, Psikolog (Guru Besar Emeritus Fakultas Psikologi Unpad) beberapa tahun yang lalu.)

Di sini Bapak/Ibu akan membuat Diagram Trapesium Usia-nya sendiri dengan mengikuti instruksi berikut:

  1. Buatlah garis miring naik ke atas (sisi kiri), tuliskan usia saat Bapak/Ibu menyelesaikan masa sekolah pada ujung garis tersebut.
  2. Lanjutkan dengan membuat garis mendatar (tengah), yang menunjukkan usia kerja. Pada salah satu titik di garis tersebut, tuliskan angka yang menunjukkan usia saat ini.
  3. Buatlah garis miring menurun (sisi kanan) untuk menandakan masa pensiun.
  4. Ingatlah dua peristiwa penting pada masa sekolah; satu peristiwa bernuansa positif dan satu lagi yang negatif yang terkait relasi Bapak/Ibu dengan guru pada rentang usia PAUD sampai sekolah menengah (4-17 tahun).
  5. Pada bagian garis miring naik ke atas (sisi kiri), tulis angka yang menunjukkan pada usia berapa kedua peristiwa tersebut terjadi (misalnya: umur 7 dan 12 tahun).
  6. Hitunglah selisih dari usia Bapak/Ibu sekarang dan usia pada saat kedua peristiwa tersebut terjadi.

[sumber: Modul pendidikan karakter Jabar Masagi]

 Tugas 1. Refleksi

Jika Bapak/Ibu sudah membuat diagram trapesium usia ini, jawablah pertanyaan berikut:

  1. Apa peristiwa positif dan negatif yang saya tuliskan di sana?
  2. Selain saya, siapa lagi yang terlibat di dalam masing-masing peristiwa tersebut?
  3. Dampak emosi apa saja yang saya rasakan hingga sekarang? (silakan gunakan roda emosi Plutchik di Gambar 2 untuk mengidentifikasi persisnya perasaan Bapak/Ibu di masa itu)
  4. Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat saya rasakan dan masih dapat memengaruhi diri saya di masa sekarang?
  5. Pelajaran hidup apa yang saya peroleh dari kegiatan trapesium usia dan roda emosi, terkait peran saya sebagai guru terhadap peserta didik saya?
  6. Bagaimana saya menuliskan nilai-nilai yang saya yakini sebagai seorang Guru, dalam 1 atau 2 kalimat menggunakan kata-kata: "guru", "murid", "belajar", "makna", "peran"?

 Tugas 2Nilai dan peran guru penggerak menurut saya

  1. Apa nilai-nilai dalam diri saya yang membantu saya menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?
  2. Apa peran yang selama ini saya mainkan dalam menggerakkan murid, rekan guru, dan komunitas sekolah saya?

  • Klik New Blog Post untuk membuat Refleksi Individu
  • Setelah menulis refleksi di kotak message kirimkan jawaban refleksi dengan klik Add Post.

NILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK

Visible to participants on this course

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yth. Pak Mutakin selaku Fasilitator dan Pak Haryono selaku Pengajar Praktik, berikut saya kirimkan tugas refleksi individu modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak.

Mohon bimbingan dan arahannya, matur suwun.

Wassalamualaikum Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 


Permalink 2 comments (latest comment by DWI ERMA KUSTIANI , Thursday, 4 April 2024, 3:47 PM)

Tugas Modul 1.2 Mulai Dari Diri tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak

Visible to participants on this course
Edited by ROZA JUNIANTO , Wednesday, 3 April 2024, 5:18 AM

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

Yang terhormat, Bapak Fasilitator, Bapak Mutakin. Yang saya hormati pula ibu Pengajar Praktik, Bu Nani... Izin menyetorkan jawaban mulai dari diri, mohon arahan dan bimbingannya.

Terima kasih,🙏

Wasalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh


Permalink 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Thursday, 4 April 2024, 11:02 AM)

Tugas Modul 1.2 Mulai Dari Diri tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak

Visible to participants on this course

Assalamu'alaikum,

Yang terhormat, Bapak Fasilitator, Bapak Mutakin. Yang saya hormati pula ibu Pengajar Praktik, Bu Nani... Izin menyetorkan jawaban mulai dari diri, mohon arahan dan bimbingannya.

Matursuwun,🙏

Salam sehat dan bahagia,

Wasalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh...



Permalink 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Monday, 8 April 2024, 4:58 PM)

Tugas 1.2.a.3 Mulai Dari Diri. Modul 1.2. Rofika Dwi Susanti

Visible to participants on this course

Assalamualaikum wr. wb.

Berikut saya lampirkan tugas 1.2.a.3 Mulai Dari Diri tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak.

 Semoga menjadi bahan refleksi diri bagi saya sebagai proses meningkatkan kompetensi diri

mohon bimbingannya untuk Bapak Mutakin dan Bapak Haryono 

Terimakasih

Permalink 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Monday, 8 April 2024, 5:04 PM)
Attachments: 
application/pdfassalamualaikum.pdf

New blog post

Visible to participants on this course

assalamu'alaikum

 Mohon bimbingan dan arahan bila banyak kekurangan  dalam membuat diagram trapesium usia, terimakasih

Permalink 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Monday, 8 April 2024, 5:13 PM)

Refleksi Individu Tugas 1.2.a.3 Mulai dari Diri

Visible to participants on this course

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Yth. Pak Mutakin selaku Fasilitator dan Pak Haryono selaku Pengajar Praktik, berikut saya kirimkan tugas refleksi individu modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak.

Mohon bimbingan dan arahannya, matur suwun.

Wassalamualaikum Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. 


Permalink Edit Delete 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Thursday, 11 April 2024, 11:11 PM)

Mulai dari Diri

Visible to participants on this course


Assalamuaikum wr.wb

Yang saya hormati bapak Mutakin selaku fasilitator, mohon izin mengirimkan tugas refleksi individu modul 1.2 mohon bimbingan dan arahan dari Bapak. Terima kasih

Wassalamualaikum wr.wb

Permalink 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Thursday, 11 April 2024, 11:41 PM)

New blog post

Visible to participants on this course

Assalamualaikum wr.wb 

Kpd Yth. Bpk Mutakin, mohon izin mengirimkan tugas refleksi individu modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak.

Mohon arahan dan bimbingan dari bapak, sekian terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb 



Permalink 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Friday, 12 April 2024, 10:57 AM)

1.2.a.3 Mulai dari Diri - Modul 1.2

Visible to participants on this course
Edited by DIYAH PATRIYANA UTAMI , Monday, 1 April 2024, 10:13 PM

Assalamualaikum wr.wb 

Kpd Yth. Bpk Mutakin, mohon izin mengirimkan tugas refleksi individu modul 1.2 nilai dan peran guru penggerak.

Mohon arahan dan bimbingan dari bapak, sekian terimakasih.

Wassalamualaikum wr.wb 

Permalink 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Friday, 12 April 2024, 11:19 AM)

1.2.a.3 Mulai dari Diri - Modul 1.2

Visible to participants on this course

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Yang saya hormati Bapak Mutakin, mohon izin menyampaikan Refleksi Individu Modul 1.2 Nilai dan Peran Guru Penggerak.

Demikian, terima kasih dan mohon bimbingan Bapak.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.


Permalink 1 comment (latest comment by MUTAKIN , Friday, 12 April 2024, 1:11 PM)
DOWNLOAD 

Refleksi Individu Tugas 1.2.a.3 Mulai dari Diri


0 comments:

Posting Komentar

Refleksi Filosofisi

Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD 1.1.A. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasion...