Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

1.1.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 1.1

Due: Wednesday, 27 March 2024, 11:59 PM
Done: View Done: Make a submission

Durasi : 4 JP (180 menit)
Moda : Mandiri

Tujuan Pembelajaran Khusus: Peserta mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - 'Pendidikan yang Berpihak pada Murid' - sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (karya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).

Bapak dan Ibu Calon Guru Penggerak (CGP)

Anda mendesain sebuah strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD - ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ - dalam sebuah karya (video pendek, komik, lagu, puisi, dll) dan mempublikasikan sebagai wujud pemahaman, pemaknaan dan penghayatan yang Anda praktekkan dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara.  Karya Anda menjadi sebuah demonstrasi kontekstual bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara dikembangkan dan diterapkan di kelas dan sekolah asal Anda.

Instruksi penugasan: 

Pengantar

Metafora atau perlambang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memahami sebuah konsep yang rumit. Filosofi KHD mengenai asas Tri-Kon dapat dilambangkan sebagai sistem tata surya, di mana murid digambarkan sebagai planet yang mengorbit pada matahari (simbol nilai kemanusiaan) dalam garisnya masing-masing. Setiap planet berevolusi dengan kecepatan yang berbeda-beda, namun tak pernah berhenti bergerak (Syahril, 2018).

Selain metafora, cara lain untuk mengabadikan pemahaman dan pengalaman belajar kita adalah dengan karya seni. Jadi, mengapa kita tidak menciptakan sesuatu yang menarik mengenai filosofi pendidikan KHD? Membuat lagu, puisi, gambar, poster metafora, atau karya apapun tentu akan menyenangkan.

Penugasan

  1. Buatlah satu karya (karikatur, infografis, video pendek, komik, lagu, puisi, dll) untuk menggambarkan pemikiran filosofis KHD sesuai dengan pengetahuan dan pengalaman baru yang Anda peroleh.
  2. Karya itu merupakan sebuah perumpamaan yang Anda gunakan sebagai wujud kontekstual pemahaman Anda terhadap pemikiran-pemikiran KHD.


Petunjuk pengiriman tugas:

  • Simpan tugas Bapak/Ibu dalam format:
    • Jika tugas dalam bentuk presentasi/dokumen/image silakan simpan dalam format pdf atau, 
    • Jika tugas dalam bentuk video silakan simpan di akun youtube Bapak/Ibu dengan setting unlisted
  • Pengiriman:
  1. Klik tombol 
  2. Jika tugas dalam bentuk audio/video salin alamat youtube/google drive tugas pada kolom Online text 
  3. Jika tugas dalam format pdf, klik tombol  atau   yang ada pada kolom File submissions
  4. Setelah muncul kolom File Picker, pilih menu  kemudian 
  5. Klik tombol  kemudian pilih file yang akan diunggah
  6. Klik tombol  untuk mengirimkan file
  7. Setelah file yang dipilih tadi muncul di kolom File submissions, klik tombol 

Submission status

Attempt numberThis is attempt 1.
Submission statusSubmitted for grading
Grading statusGraded
Time remainingAssignment was submitted 3 days 12 hours early
Grading criteria
Isi - 1._memaparkan penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD. 2._menyampaikan alasan yang kontekstual mengenai penerapan ide/gagasan sesuai dengan pemikiran KHD. 3._mendemonstrasikan hasil penerapan ide/gagasan terkait pemikiran KHD secara kontekstual. 4._menyampaikan tantangan dan solusi penerapan pemikiran KHD sesuai dengan konteks kelas dan sekolah.
ISI yang disampaikan memenuhi 1 dari 4 kriteria
ISI yang disampaikan memenuhi 2 dari 4 kriteria
ISI yang disampaikan memenuhi 3 dari 4 kriteria
ISI yang disampaikan memenuhi 4 dari 4 kriteria
Penyampaian Materi - 1._menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang tepat (SPOK). 2._menyampaikan pesan secara terstruktur dan sistematis (alur materi mudah dipahami). 3._menggunakan pendukung visual dalam presentasi sebagai penguat pemaparan pemahaman. 4._mendemonstrasikan diri CGP secara lugas dan kontekstual.
Penyampain Materi yang disampaikan memenuhi 1 dari 4 kriteria
Penyampain Materi yang disampaikan memenuhi 2 dari 4 kriteria
Penyampain Materi yang disampaikan memenuhi 3 dari 4 kriteria
Penyampain Materi yang disampaikan memenuhi 4 dari 4 kriteria
Ketepatan waktu pengumpulan tugas
lebih dari H+4 setelah due date
H+3 s.d. H+4 setelah due date
H+1 s.d. H+2 setelah due date
Dikumpulkan sebelum/saat due date
Last modifiedSunday, 24 March 2024, 11:48 AM
File submissions
24 March 2024, 11:48 AM
Submission comments
You can still make changes to your submission.

0 comments:

Posting Komentar

Refleksi Filosofisi

Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD 1.1.A. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasion...