1.2.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
1.2.a.4.1. Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
Durasi : 2 JP
Moda : Forum Diskusi Tertulis
Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,
Setelah mempelajari paparan materi dalam tahap eksplorasi konsep ini, diharapkan Bapak/Ibu secara individu dapat menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dalam kelompok dengan menjawab pertanyaan:
- Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai GP (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
- Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
- Klik Add new topic/Tambah topik baru untuk menjawab.
- Klik Reply pada topik diskusi yang diberikan peserta lain untuk memberikan komentar.
Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
Salah satu dari nilai-nilai Guru Pengerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah nilai "berpihak pada murid". Untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid, merancang pembelajaran yang menjadikan murid sebagai subjeknya, menggunakan metode pembelajaran yang membuat murid aktif, senang dan merangsang kreatifitas.
10 kegiatan di sekolah yang sesuai dengan penerapan dari peran GP
- Berdoa sebelum dan sesuah pembelajaran
- Melakukaan pembiasaan 5S (Senyum, Sapa, Salam, Sopan dan Santun)
- Melakukan pembiasaan sholat dhuha
- Melakukan pembiasaan sholat dhuhur berjamaah
- Melaksanakan upacara bendera setiap hari senin
- Melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler pramuka dan olah raga
- Melaksanakan kegiatan jumat sehat dan bersih
- Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada murid
- Melaksanakan kegiatan P5
- Melakukan diskusi dengan atasan dan teman sejawat tentang pemasalahan dan kendala yang ada disekolah
Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
1. Salah satu nilai-nilai guru penggerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah nilai “berpihak pada murid”. Sebagai guru, dan peserta pendidikan guru penggerak saya terus berusaha dan mempelajari dan memahami karakter murid di kelas saya agar menemukan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Salah satu praktik baik yang sudah saya terapkan adalah metode belajar yang saya beri nama “temanku jadi guruku” dimana pada proses pembelajaran tersebut siswa yang memiliki pemahaman yang lebih cepat terhadap materi yang saya sampaikan saya posisikan mereka untuk bermain peran menjadi guru bagi teman-temannya.
2. 10 kegiatan di sekolah yang sesuai dengan penerapan dari peran GP
1. Melaksanakan budaya 5s (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun)
2. Melaksanakan doa sebelum kegiatan belajar mengajar
3. Kegiatan literasi sebelum pembelajaran di mulai
4. Kegiatan pembiasaan sholat duha setiap jam istirahat pertama
5. Membimbing kegiatan ekstrakulikuler OSN IPA
6. Koordinator kelas dan pelaksana tema kegiatan P5
7. Kegiatan adiwiyata setiap hari jum’at
8. Melaksanakan kegiatan perwalian kelas
9. Bekerjasama dengan guru yang lain dalam kegiatan sekolah
10. Melakukan komunikasi dengan orang tua murid untuk kegiatan sekolah
Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
1. yang dapat saya ceritakan salah satu nilai-nilai dari guru penggerak yaitu "berpihak pada murid". saya berusaha mempelajari dan memahami karakter murid di kelas supaya menemukan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. saalah satu praktik baik yang sudah sy terapkan yaitu temanku jadi guruku/tutor sebaya dimana siswa yang memiliki pemahaman yang lebih cepat terhadap materi yang saya sampaikan saya posisikan perannya sebagai guru. setelah meereka berhasil membuat temannya paham dengan materi, terbukti dengan mampu mengerjakan beberapa soal kemudian saya arahkan agar berterimakasih kepada teman yang berperan menjadi gurunya.
2.10 kegiatan sekolah sebagai contoh penerapan dari guru penggerak yaitu :
1. Pembiasaan 5 S yang dilaksanakan setiap pagi yaitu menyambut peserta didik di depan gerbang masuk sekolah
2. Pembiasaan hidup bersih yaitu dengan cara membersihkan lingkungan belajar sebelum atau sesudah belajar
3. Pembiasaan membaca Asmaul khusna dan menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum pelajaran dimulai
4. Membentuk kelompok belajar siswa atau kelompok diskusi
5. Menanggapi pertanyaan dan keluahan siswa dengan baik
6. Melakukan proyek profil penguatan pelajaar Pancasila dan memfasilitasi alat bantu kbm untuk peserta didik
7. Melakukan pembiasaan shalat nduhur di sekolah
8. Melakukan pembiasaan senam sehat setiap hari jum'at
9. Aktif dalam organisasi profesi
10.Bimbingan bersama orang tua
Forum Diskusi Eksploraso Konsep. Modul 1.2
Salah satu dari nilai-nilai Guru Pengerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah nilai "berpihak pada murid". Untuk menciptakan pembelajaran yang berpusat pada murid, saya menyesuaikan pembelajaran dengan memanfaatkan kekuatan atau sarana prasarana yang dimiliki oleh sekolah. Mendesain pembelajaran sedemikian rupa sehingga murid bisa mengikutinya dengan aktif dan bahagia namun sesuai dengan karakteristik dan potensi yang dimiliki masing-masing murid untuk mencapai tujuan pembelajaran dan mewujudkan murid yang berkarakter baik dan berprofil Pelajar Pancasila.
10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?.
1. Membuat perencanaan pembelajaran yang berpusat pada murid.
2. Melaksanakan kegiatan penilaian dan refleksi pembelajaran.
3. Menjadi pembina esktrakurikuler Mathematic club dan Paduan Suara.
4. Menjadi Koordinator Kegiatan P5
5. Kegiatan Apel Pagi )Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Asmaul Husna) dan Apel Siang (menyanyikan lagu wajib nasional an refleksi kegiatan)
6. Menjadi narasumber dan mentor saat kegiatan sosialisasi di sekolah
7. Kegiatan Pilketos, LDK OSIS, MUSGUS, Hari besar agama dan Nasional
8. Pembimbing Lomba OSN Matematika
9. Pembiasaan membuang sampah dan membersihkan lingkungan belajar sebelum memulai kegiatan pembelajaran
10. Mengikuti sekaligus menjadi petugas Upacara Bendera
Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
Salah satu dari nilai-nilai guru penggerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik yaitu berpihak pada murid. Dengan memahami karakter masing-masing murid dan memahami kebutuhan belajarnya, murid diajak untuk berkreasi dalam pembelajaran sesuai bakat minatnya.
10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari guru penggerak yang saya pahami saat ini adalah :
1. Pemimpin pembelajaran
2. Pendorong kolaboratif
3. Menjadi coach bagi rekan guru melalui kegiatan IHT untuk meningkatkan kompetensi guru
4. Membiasakan mengucap salam sapa senyum, selama di sekolah mulai dari bertemu sampai akan pulang
5. Pembiasaan bacaan asmaul husna tiap pagi
6. Pembiasaan jumat berinfak dan jumat sehat
7. Sholat duhur berjamaah
8. Melakukan Latihan upacara bendera setiap sabtu siang
9. Ekstrakurikuler pramuka setiap Selasa siang sampai sore
10. Refleksi pembelajaran dengan teman sejawat
Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
1. Yang dapat saya ceritankan mengenai Nilai dari Guru Penggerak adalah: Mandiri, Reflektif, Kolaboratif, Inovatif, serta Berpihak pada Peserta didik. Nilai-nilai ini diharapkan terus tumbuh dan dilestarikan dalam diri seorang Guru Penggerak.
2.10 kegiatan di sekolah yang sesuai dengan penerapan dari peran GP
1. Pembiasaan hafalan suratan pendek
2. pembiasaan 5S
3. Upacara Bendera
4. Pembiasaan jum’at Beramal
5. Senam Pramuka
6. Pembiasaan hafalan Do'a harian
7. Pembiasaan berbaris didepan kelas sebelum masuk
8. Sabtu bersih
9. Kegiatan Kultum setiap hari jum'at
10. kegiatan literasi
BERPIHAK PADA MURID
Pembelajaran yang berpihak pada murid berfokus pada pengembangan secara holistik, meliputi aspek kognitif, sosial, emosional, dan fisik murid. Tujuannya adalah memberikan pengalaman belajar yang bermakna, relevan, dan menginspirasi, sehingga murid dapat mencapai potensinya secara optimal.
Berikut ini adalah beberapa contoh kegiatan peran GP dalam sekolah :
1. Melatih dan membina upacara bendera setiap hari Senin.
2. Membimbing lomba FLS2N, MAPSI Kaligrafi, OSN, Pramuka.
3. Membina ekstrakurikuler Pramuka.
4. Menggunakan teknologi dalam pembelajaran.
5. Melakukan pembelajaran berbasis proyek.
6. Memberi kesempatan untuk sholat dhuha pada saat istirahat.
7. Tadarus pada saat awal pembelajaran.
8. Pembiasaan jumat bersih, jumat amal dan jumat sehat.
9. Apel pagi sebelum masuk kelas.
10. Pengadaaan piket halaman setiap hari dengan kelas yang berbeda.
Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
1.Yang dapat saya critakan mengenai salah satu dari nilai-nilai GP yaitu untuk menciptakan pembelajaran yang benar-benar berpusat pada murid guru penggerak harus menjadi pembawa perubahan baik dalam proses pembelajaran maupun dalam berkolaboratif dengan teman sejawat.
2.10 kegiatan di sekolah yang sesuai dengan penerapan dari peran GP
1. Memimpin pembelajaran
2. Berkolaborasi dengan rekan guru sejawat
3. Upacara Bendera
4. Pembiasaan jum’at sehat
5. Metode Pembelajaran
6. Pembiasaan hafalan suratan pendek
7. Telaah modul ajar
8. Digitalisasi Pembelajaran
9. Evaluasi LKPD P5
10. Peningkatan pemahaman numerasi
Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
- Salah satu dari nilai-nilai Guru Penggerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah berpihak pada murid. Setelah mengikuti PPGP ini, sangat membantu dalam mendalami pemahaman saya bahwa setiap murid itu unik dan memiliki perbedaan karakter dan tujuan belajar, sehingga saya harus mempertimbangan hal-hal tersebut dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Segala sesuatu yang saya lakukan seperti membimbing dan memberikan layanan harus berfokus untuk memenuhi hak dan kebutuhan murid. Segala keputusan yang saya ambil didasari oleh semangat untuk memberdayakan diri serta memanfaatkann aset/ kekuatan yang ada untuk menyediakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang positif serta berkualitas bagi murid saya.
10 Kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini:
- Melaksanakan budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun kepada seluruh warga sekolah.
- Mendampingi kegiatan Shalat Dhuhur berjamaah di sekolah, peringatan Hari Besar Keagamaan dan Nasional, dan sosialisasi dan penyuluhan untuk murid.
- Mendampingi kegiatan Jumpa Berseri (Jumat Pagi Bersih, Sehat, Religius, Ceria – Berkarya).
- Koordinator dan pendamping kegiatan Kunjungan Perpustakaan dalam Gerakan Literasi Seroja .
- Membimbing kegiatan ekstrakurikuler PMR.
- Membimbing minat bakat siswa untuk lomba OSN Matematika.
- Koordinator Kelas dan pelaksana tema kegiatan P5 dan Tim Adiwiyata Sekolah.
- Melaksanakan kegiatan Perwalian Kelas.
- Membuat, melaksanakan, mengevaluasi dan merefleksi pembelajaran yang berpusat pada murid.
- Melaksanakan kegiatan peningkatan kompetensi untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik.
Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
- Hal-hal yang dapat dibagikan itu menyangkut nilai-nilai yang berkaitan dengan kerjasama, seperti yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk sosial. Di sini, kolaborasi menggabungkan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Kegiatan kolaboratif seringkali mendorong motivasi dan semangat bersaing secara positif bagi siswa. Jika pada era industri pekerja harus mempunyai keahlian dan sertifikasi, maka pada era informasi pekerja harus mampu berkolaborasi dan bekerja sama secara berkelompok untuk menghasilkan produk atau jasa.
- 10 kegiatan di sekolah yang selaras dengan pelaksanaan Guru Penggerak :
- Memimpin pembelajaran
- Mendorong kolaborasi
- Uacara Bendera
- Melatih kepemimpinan siswa
- Menjadi pelatih bagi rekan guru
- Memberi contoh dengan berangkat Pagi
- Apel jurusan setiap hari Rabu
- Pembiasaan 5S salah satunya dengan menyambut peserta didik setiap pagi didepan gembang masuk sekolah
- Pembiasaan Sholat duha bersama
- Kegiatan Senam bersama setiap hari jumat
Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
- Hal-hal yang dapat dibagikan itu menyangkut nilai-nilai yang berkaitan dengan kerjasama, seperti yang melekat pada diri manusia sebagai makhluk sosial. Di sini, kolaborasi menggabungkan kemampuan siswa yang berbeda-beda. Kegiatan kolaboratif seringkali mendorong motivasi dan semangat bersaing secara positif bagi siswa. Jika pada era industri pekerja harus mempunyai keahlian dan sertifikasi, maka pada era informasi pekerja harus mampu berkolaborasi dan bekerja sama secara berkelompok untuk menghasilkan produk atau jasa.
- 10 kegiatan di sekolah yang selaras dengan pelaksanaan Guru Penggerak :
- Memimpin pembelajaran
- Mendorong kolaborasi
- Uacara Bendera
- Melatih kepemimpinan siswa
- Menjadi pelatih bagi rekan guru
- Memberi contoh dengan berangkat Pagi
- Apel jurusan setiap hari Rabu
- Pembiasaan 5S salah satunya dengan menyambut peserta didik setiap pagi didepan gembang masuk sekolah
- Pembiasaan Sholat duha bersama
- Kegiatan Senam bersama setiap hari jumat
Re: Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
Re: Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
Re: Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
Re: Forum Diskusi Eksplorasi Konsep - Modul 1.2
Senang saya melihat sederetan kegiatan yang telah dilaksanakan sekjolah Pak Kuntoro. Saya berharap agar kegiatan kolaboratif dikembangkan tidak hanya antar sesama guru tetapi ada optimalisasi pelibatan orang tua dan masyarakata serta stakeholder sekolah lainnya untuk terlibat dalam pembelajaran anak-anak kita. Boleh sekali dalam sebulan ada orang tua kita yang diberi kehornmatan mengajar di kelas. Orang tua kita dengan segala talenta yang mereka miliki pasti sangat senang dilibatkan. Pada posisi semacam inilah mereka benar-benar merasa hadir di tengah kehidupan sekolah. Mereka akan merasakan desah nafas kehidupan sekolah yang pasti akan sangat mengesankan. Oleh karena itu, sekolah harus membuat lingkaran kekuatan mulai dari ring terdalam hingga lingkaran terluar sehingga sekolah dapat menentukan skala prioritas mana yang harus diarusutamakan. Setelah mengetahui peta lingkaran kekuatan, maka sekolah akan membuat metrik untuk diperinci secara detail apa peran-peran yang bisa mereka berikana kepada sekolah. Dengan langkah ini maka terjadi variasi komplek yang sangat menguntungkan bagi anak-anak kita. Anak-anak akan mendapatkan materi yang sangat bervariatif dari kalangan luar yang pasti tidak didadapatkan dari guru-gurunya di kelas. Selamat mencoba.
Salam dari Fasil al Fakir
MUTAKIN
a10.002.bbgp jATENG
0 comments:
Posting Komentar