Pendahuluan - Modul 1.2

1.2.a.2. Pendahuluan - Modul 1.2

1.2.a.2. Pendahuluan - Modul 1.2

Done: Go through the activity to the end

Alur Merdeka

Alur Belajar

  • Mulai dari Diri - 1JP
  • Eksplorasi Konsep - 6JP
  • Ruang Kolaborasi - 6JP
  • Demonstrasi Kontekstual - 3JP
  • Elaborasi Pemahaman - 2JP
  • Koneksi Antar Materi - 2JP
  • Aksi Nyata - 0 JP
  1. CGP melakukan kegiatan Trapesium Usia dan refleksinya.
  2. CGP menyatakan nilai dan peran Guru Penggerak menurut mereka sendiri.
  1. Belajar mandiri: CGP mengakses konsep materi yang terbagi dalam 3 bagian: Belajar mandiri: CGP mengakses konsep materi yang terbagi dalam 3 bagian: 
    A. Bagaimana manusia tergerak: Kerja Otak (Triune-brain, Berpikir Cepat-Lambat), Kebutuhan genetis (5 Kebutuhan Dasar Manusia), Tahap Tumbuh Kembang Anak (Psikososial)
    B. Bagaimana manusia bergerak: Memahami Teori Pilihan, Motivasi Intrinsik Menuju Profil Pelajar Pancasila, Nilai Guru Penggerak dan Model refleksi,
    C. Bagaimana menggerakkan manusia: Berpikir strategis dan menguatkan lingkaran pengaruh, Diagram identitas gunung es, Peran Guru Penggerak dan 4 kategori kompetensi pemimpin di lingkungan sekolah,
  2. Forum Diskusi Tertulis: cerita tentang SATU nilai GP yang telah membantu melayani murid dan daftar kegiatan sebagai contoh penerapan peran GP yang dipahami saat ini.
  1. CGP dalam kelompok membuat karya poster/peta pikiran/powerpoint/video tentang rancangan SATU kegiatan sebagai upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah dimiliki tiap rekan dalam kelompok (3 JP).
  2. CGP dalam kelompok mempresentasikan karya poster/peta pikiran/powerpoint/video tentang rancangan SATU kegiatan sebagai upaya mengkolaborasikan kekuatan nilai yang telah dimiliki tiap rekan dalam kelompok (2 JP).
  3. CGP membuat refleksi mengapresiasi peran SATU rekan sekelompok (1 JP).

CGP membuat gambaran diri sebagai Guru Penggerak di masa depan dalam bentuk tulisan naratif/poster/peta pikiran/powerpoint/video/audio sederhana.

  1. CGP membuat pertanyaan bermakna untuk menguatkan pemahamannya atas Modul 1.2
  2. CGP berdialog virtual dengan Instruktur

CGP membuat kaitan antara materi Modul 1.2. Nilai & Peran Guru Penggerak serta Modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara menggunakan model refleksi 4P dalam bentuk tulisan-naratif/poster/peta-pikiran/powerpoint/video/audio sederhana.

CGP menjalankan pengembangan DIRI yang sederhana, konkret dan rutin serta dapat dilakukan sendiri dari sekarang (berangkat dari “Penerapan ke depan” pada Refleksi 4P yang telah dibuat di tahap Koneksi Antarmateri).

Congratulations - end of lesson reached

Well done!

You have completed 100% of the lesson

0 comments:

Posting Komentar

Refleksi Filosofisi

Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD Modul 1.1. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional KHD 1.1.A. Refleksi Filosofis Pendidikan Nasion...